Sabtu, 31 Desember 2011
Kamis, 29 Desember 2011
Selasa, 27 Desember 2011
SOAL CERMIN CEMBUNG KELAS 8
Senin, 26 Desember 2011
Jumat, 23 Desember 2011
GETARAN KELAS 8
SOAL REKENING LISTRIK SEBULAN
Kamis, 14 Juli 2011
Senin, 04 Juli 2011
BIOLOGI GENETIKA SMP
Persilangan monohibrid, misalnya : P1 : MM (bunga merah) X mm (bunga putih)------> Jika hasil F1 : Mm (bunga merah) = 100 %, maka penjelasannya gen M = gen bunga merah dominan terhadap gen m = gen bunga putih yang resesif. Maka jika diteruskan P2 : Mm (bunga merah) X Mm (bunga merah)------> F2 : MM, Mm, Mm, mm. Bila dihimpun, maka : genotip F2 ada 3 macam ---> MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1 = 25 % : 50 % : 25 %. Fenotip F2 ----> merah : putih = 3 : 1 = 75 % : 25 %.
Jika keturunan F2 jumlahnya ada 80 individu, maka genotip:
* MM = 25 % x 80 = 25/100 x 80 = 20 individu
* Mm = 50 % x 80 = 50/100 x 80 = 40 individu
* mm = 25 % x 80 = 25/100 x 80 = 20 individu
Begitu pula fenotip F2 :
* merah = 75 % x 80 = 75/100 x 80 = 60 individu
* putih = 25 % x 80 = 25/100 x 80 = 20 individu
Persilangan di atas dinamakan persilangan monohibrid dominan.
Bagaimana jika P1 : MM (bunga merah) X mm (bunga putih) -----> hasil F1 : Mm (bunga merah muda) = 100 %. Apa nama persilangan yang seperti ini ? jawab : ........................................................
Jika kalian teruskan sampai ke P2, kemudian ke F2, maka genotip F2 sama seperti jenis persilangan monohibrid dominan, yaitu MM = 20 individu , Mm = 40 individu dan mm = 20 individu. Tetapi berbeda dalam hal fenotip F2, yaitu merah = 20 individu, merah muda = 40 individu dan putih = 20 individu.
Nama blog ini : catatanazissyahrulspd.blogspot.com oleh Azis Syahrul, S.Pd.
Jika keturunan F2 jumlahnya ada 80 individu, maka genotip:
* MM = 25 % x 80 = 25/100 x 80 = 20 individu
* Mm = 50 % x 80 = 50/100 x 80 = 40 individu
* mm = 25 % x 80 = 25/100 x 80 = 20 individu
Begitu pula fenotip F2 :
* merah = 75 % x 80 = 75/100 x 80 = 60 individu
* putih = 25 % x 80 = 25/100 x 80 = 20 individu
Persilangan di atas dinamakan persilangan monohibrid dominan.
Bagaimana jika P1 : MM (bunga merah) X mm (bunga putih) -----> hasil F1 : Mm (bunga merah muda) = 100 %. Apa nama persilangan yang seperti ini ? jawab : ........................................................
Jika kalian teruskan sampai ke P2, kemudian ke F2, maka genotip F2 sama seperti jenis persilangan monohibrid dominan, yaitu MM = 20 individu , Mm = 40 individu dan mm = 20 individu. Tetapi berbeda dalam hal fenotip F2, yaitu merah = 20 individu, merah muda = 40 individu dan putih = 20 individu.
Nama blog ini : catatanazissyahrulspd.blogspot.com oleh Azis Syahrul, S.Pd.
Jumat, 01 Juli 2011
MEMAHAMI NAMA FENOTIP DARI SIMBOL HURUF GENOTIP
Suatu persilangan antara dua tanaman dalam satu spesies, di mana persilangan ini adalah persilangan dihibrid (persilangan dengan 2 sifat beda). Gen M dinyatakan sebagai gen bersifat dominan bunga merah terhadap gen m yang dianggap sebagai gen bunga putih yang bersifat resesif. Kemudian ada gen T sebagai gen bersifat dominan batang tinggi terhadap gen t sebagai gen batang pendek yang bersifat resesif.
Misal : Tanaman berbunga merah dan batang tinggi yang dominan dipersilangkan dengan tanaman berbunga putih dan batang pendek resesif, maka ditulis sebagai berikut :
P1 : MMTT (merah-tinggi) X mmtt (putih-pendek)
G (gamet) : MT mt
F1 ------> MmTt (merah-tinggi)
maksudnya genotip MmTt, fenotip merah-tinggi
Rasionya MmTt = 100 %, Rasionya merah-tinggi = 100 %
Soal tersebut bukan intermediet. Apa itu intermediet ? (baca lagi buku kelas 9).
Jika soal tersebut diselesaikan sampai ke F2, maka nanti dilanjutkan ke P2 : F1 X F1
P2 : MmTt (merah-tinggi) X MmTt (merah-tinggi)
G (gamet) : MT, Mt, mT, mt MT, Mt, mT, mt
4 gamet kiri dikali 4 gamet kanan = 4 x 4 = 16 genotip F2, sebagai berikut :
Keterangan : Genotip yang ditebalkan, maksudnya :
F2 : 1) MMTT = 1 = 1/16 = 6,25 % .......... fenotip : merah-tinggi
2) MMTt = 2 = 2/16 = 12,50 % ....................... merah-tinggi
3) MmTT = 2 = 2/16 = 12,50 % ....................... merah-tinggi
4) MmTt = 4 = 4/16 = 25 % ............................ merah-tinggi
5) MMtt = 1 = 1/16 = 6,25 % ........................ merah-pendek
6) Mmtt = 2 = 2/16 = 12,50 % ....................... merah-pendek
7) mmTT = 1 = 1/16 = 6,25 % ....................... putih-tinggi
8) mmTt = 2 = 2/16 = 12,50 % ...................... putih-tinggi
9) mmtt = 1 = 1/16 = 6,25 % ........................ putih-pendek
Dari 16 genotip tersebut ternyata ada 9 macam genotip dan rasio
tersebut berdasarkan jumlah setelah digabungkan huruf-hurufnya.
Ternyata fenotip F2 setelah diketahui dari simbol genotip, maka
1) merah-tinggi = 1 + 2 + 2 + 4 = 9 = 9/16 = 56,25 %
2) merah-pendek = 1 + 2 = 3 = 3/16 = 18,75 %
3) putih-tinggi = 1 + 2 = 3 = 3/16 = 18,75 %
4) putih-pendek = 1 = 1/16 = 6,25 %
Jadi genotif F2 .............. 1 : 2 : 2 : 4 : 1 : 2 : 1 : 2 : 1
Jadi fenotip F2 .............. 9 : 3 : 3 : 1
Nama blog ini : SOAL IPA AZIS SYAHRUL, S.Pd. oleh Azis Syahrul, S.Pd.
Misal : Tanaman berbunga merah dan batang tinggi yang dominan dipersilangkan dengan tanaman berbunga putih dan batang pendek resesif, maka ditulis sebagai berikut :
P1 : MMTT (merah-tinggi) X mmtt (putih-pendek)
G (gamet) : MT mt
F1 ------> MmTt (merah-tinggi)
maksudnya genotip MmTt, fenotip merah-tinggi
Rasionya MmTt = 100 %, Rasionya merah-tinggi = 100 %
Soal tersebut bukan intermediet. Apa itu intermediet ? (baca lagi buku kelas 9).
Jika soal tersebut diselesaikan sampai ke F2, maka nanti dilanjutkan ke P2 : F1 X F1
P2 : MmTt (merah-tinggi) X MmTt (merah-tinggi)
G (gamet) : MT, Mt, mT, mt MT, Mt, mT, mt
4 gamet kiri dikali 4 gamet kanan = 4 x 4 = 16 genotip F2, sebagai berikut :
Keterangan : Genotip yang ditebalkan, maksudnya :
Genotip yang sama di jumlah, dalam hal ini MmTt = 4
Dari 16 kotak ( 16 genotip), maka MmTt
= 4/16 x 100 % = 25 %
= 4/16 x 100 % = 25 %
F2 : 1) MMTT = 1 = 1/16 = 6,25 % .......... fenotip : merah-tinggi
2) MMTt = 2 = 2/16 = 12,50 % ....................... merah-tinggi
3) MmTT = 2 = 2/16 = 12,50 % ....................... merah-tinggi
4) MmTt = 4 = 4/16 = 25 % ............................ merah-tinggi
5) MMtt = 1 = 1/16 = 6,25 % ........................ merah-pendek
6) Mmtt = 2 = 2/16 = 12,50 % ....................... merah-pendek
7) mmTT = 1 = 1/16 = 6,25 % ....................... putih-tinggi
8) mmTt = 2 = 2/16 = 12,50 % ...................... putih-tinggi
9) mmtt = 1 = 1/16 = 6,25 % ........................ putih-pendek
Dari 16 genotip tersebut ternyata ada 9 macam genotip dan rasio
tersebut berdasarkan jumlah setelah digabungkan huruf-hurufnya.
Ternyata fenotip F2 setelah diketahui dari simbol genotip, maka
sebagai berikut ada 4 macam :
1) merah-tinggi = 1 + 2 + 2 + 4 = 9 = 9/16 = 56,25 %
2) merah-pendek = 1 + 2 = 3 = 3/16 = 18,75 %
3) putih-tinggi = 1 + 2 = 3 = 3/16 = 18,75 %
4) putih-pendek = 1 = 1/16 = 6,25 %
Jadi genotif F2 .............. 1 : 2 : 2 : 4 : 1 : 2 : 1 : 2 : 1
Jadi fenotip F2 .............. 9 : 3 : 3 : 1
Nama blog ini : SOAL IPA AZIS SYAHRUL, S.Pd. oleh Azis Syahrul, S.Pd.
Kamis, 30 Juni 2011
MENGETAHUI GENOTIP KETURUNAN
Misalnya P : TTBB X ttbb,.......maka genotip TTBB memiliki 1 gamet, yaitu TB dan genotip ttbb memiliki 1 gamet, yaitu tb. Maka jumlah genotipnya adalah 1 gamet dikali 1 gamet = 1 x 1 = 1 genotip. Genotip F1 nya adalah TtBb. Rasionya adalah 100 %, karena hanya satu-satunya.
Bila akan dicari genotip F2, maka F1 dipersilangkan sesama F1, maka..... P2 : TtBb X TtBb, lalu diuraikan gametnya dahulu. Silakan kalian pelajari dari buku paket IPA Terpadu kelas 9 untuk mengetahui genotip dan rasio perbandingan F2. Selamat mencoba !
Bila akan dicari genotip F2, maka F1 dipersilangkan sesama F1, maka..... P2 : TtBb X TtBb, lalu diuraikan gametnya dahulu. Silakan kalian pelajari dari buku paket IPA Terpadu kelas 9 untuk mengetahui genotip dan rasio perbandingan F2. Selamat mencoba !
Senin, 27 Juni 2011
MEMAHAMI TENTANG GAMET
Banyak siswa kelas 9 SMP, yang tidak paham penguraian genotip menjadi gamet dan berapa jumlah gamet. Sederhana saja, misalnya ada genotip Mm, maka gametnya ada 2, karena hurufnya M dan m. Maka untuk genotip Mm jumlah gamet 2, yaitu M dan m. Bagaimana dengan MM ? Jika genotip MM, maka jumlah gamet 1 buah, karena hurufnya sama besar, maka gametnya M. Bagaimana bila BbHh ? Silakan jawab ya ?
Kamis, 23 Juni 2011
EFISIENSI TRANSFORMATOR (EFISIENSI TRAFO)
Bila murid-murid SMP kelas 9 melihat rumus n = (Ps/Pp) x 100 %, maka rumus itu bisa diubah menjadi n = (Ps x 100 %) / Pp. Begitu pula jika n = {(Vs x Is) / (Vp x Ip)} x 100 %. Maka bisa diubah menjadi n = {(Vs x Is) x 100 % } / (Vp x Ip). Hal-hal tersebut berguna untuk mencari rumus yang lain. n = dinamakan huruf eta, hurufnya bangsa Romawi. Huruf n nya seharusnya kaki kedua lebih panjang. Itulah huruf n bangsa Romawi. n = efisiensi trafo, dalam %. Apa maksud efisiensi trafo ? Kalian bisa memelajarinya di IPA Terpadu kelas 9.
Nama blog ini : catatanazissyahrulspd.blogspot.com oleh Azis Syahrul, S.Pd.
Nama blog ini : catatanazissyahrulspd.blogspot.com oleh Azis Syahrul, S.Pd.